Desa Wargaluyu

Kec. Arjasari
Kab. Bandung - Jawa Barat

Artikel

APLIKASI SAKEDAP (SISTEM PELAYANAN KEPENDUDUKAN TERPADU)

Administrator

02 September 2021

4.832 Kali dibuka

SAKEDAP adalah akronim dari bahasa Sunda yang artinya sebentar atau sekejap. Pengembangan Sistem Aplikasi berbasis Android untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.  Di dalam Aplikasi SAKEDAP (Sistem Pelayanan Kependudukan Terpadu) terdapat beberapa layanan yaitu, Antrian Online (booking waktu dan tanggal pelayanan) masyarakat atau pemohon mendapatkan kepastian layanan.

Aplikasi SAKEDAP juga menyediakan Pelayanan Online dengan cara memilih jenis layanan yang akan di akses dan ikuti petunjuk pengisian hingga proses upload berkas. Dengan adanya pelayanan online berbasis Android SAKEDAP dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan permohonan Dokumen Kependudukan dimanapun hanya dengan menggunakan Smartphone Android.

SAKEDAP dapat diakses/di download di Playstore Android dan melalui link antrian.bandungkab.go.id

TUJUAN APLIKASI SAKEDAP

  1. Untuk meningkatkan kehandalan layanan, memberikan kepastian penerbitan Dokumen Kependudukan dan mendapatkan kejelasan antrian untuk menekan resiko percaloan
  2. Untuk mengurangi peluang gratifikasi dalam penerbitan Dokumen Kependudukan
  3. Untuk meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan, mengingat masih berlangsungnya pandemic Covid-19 saat ini, Inovasi SAKEDAP juga memenuhi tujuan pelaksanaan protocol Kesehatan Covid-19 : Untuk menerapkan aturan Physical Distancing dan meminimalisir kontak antar manusia pada antrian dan loket.
  4. Memudahkan masyarakat untuk mendapatkan Dokumen Kependudukan dengan mudah dengan adanya Sistem Cetak Sendiri dan pengiriman (COD) dokumen kependudukan menggunakan jasa pengiriman PT. POS Indonesia.

JENIS PELAYANAN DI APLIKASI SAKEDAP

  1. PENCETAKAN KTP-EL
  2. KARTU KELUARGA
  3. REPLACE, AKTIVASI DAN VALIDASI NIK
  4. AKTA KELAHIRAN, AKTA KEMATIAN
  5. PENCETAKAN KIA (KARTU IDENTITAS ANAK)
  6. AKTA PERKAWINAN, AKTA PERCERAIAN

MANFAAT APLIKASI SAKEDAP

  1. Memudahkan masyarakat/pemohon untuk melakukan pelayanan Administrasi Kependudukan dengan pengajuan/permohonan Dokumen Kependudukan secara Online. 
  2. Memudahkan masyarakat/pemohon dengan adanya Antrian Online untuk mendapatkan kepastian Pelayanan secara langsung.
  3. Mengefektifkan waktu agar masyarakat tidak perlu datang ke Disdukcapil untuk permohonan Dokumen Kependudukan, terlebih untuk masyarakat yang rumahnya jauh dari Kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung.
  4. Mendukung upaya tertib Administrasi Kependudukan dengan mempermudah akses masyarakat/pemohon untuk mendapatkan Dokumen Kependudukan

ALUR PENGGUNAAN APLIKASI SAKEDAP

  1. Pemohon mengakses aplikasi SAKEDAP melalui Playstore Android untuk membuat akun dengan cara mengisi no NIK KTP-el, data diri, alamat E-mail atau nomor Whatsapp.
  2. Klik DAFTAR, pilih layanan Dokumen Kependudukan sesuai  permohonan.
  3. Pemohon mengisi formulir, kemudian mengupload formulir tersebut beserta berkas persyaratan yang telah ditetapkan
  4. Setelah selesai mengupload, pemohon menunggu hasil verifikasi berkas yang dilakukan oleh petugas/admin
  5. Pemohon akan menerima pesan konfirmasi DITERIMA atau DITOLAK  jika berkas dinyatakan lengkap dan benar maka dokumen kependudukan akan        langsung diproses dan apabila berkas tidak lengkap maka akan ada pemberitahuan kepada pemohon untuk melengkapinya.
  6. Pemohon dapat mengakses tracking process jika berkas sedang diproses melalui aplikasi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan)
  7. Berkas dokumen kependudukan yang sudah terbit akan dikirim ke E-mail atau nomor Whatsapp pemohon dalam bentuk PDF (Portable Document Format), khusus untuk KTP-el dan KIA di packing menggunakan amplop POS untuk di Kirim ke alamat sesuai permohonan
  8. Pemohon dapat mendownload dan mencetak sendiri dokumen kependudukan dengan menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gram.

Komentar yang terbit pada artikel "APLIKASI SAKEDAP (SISTEM PELAYANAN KEPENDUDUKAN TERPADU)"

Rini

23 Februari 2022 14:09:46

Ingin membuat kartu keluarga

Andre Andriansyah

12 Maret 2022 08:47:53

Bagai mana caranya membuat KTP melalui apl sakedap

Elis

26 September 2022 13:27:05

Membuat KTP digital

Anonim

19 Februari 2024 16:14:04

memudahkan para pegawai capil untuk santaisantai karena semua diarahkan menggunakan aplikasi sakedap. mereka tidak memikirkan orang yg gaptek akan teknologi. udah jauhjauh datang ke kantor capil dg ongkos seadanya malah disuruh pulang lagi garagara gabisa pakai aplikasi sakedap. kacau sekali kota ini.

Wina Tamiyanti

23 Februari 2024 21:20:50

Harus kapan dan jam berapa ngambil antrian buat bikin kehilangan/ cetak KTP-EL

Jaenudin

20 April 2024 22:32:20

sama mau meng update data e KTP saya sama istri karena setelah menikah, apakah satu nik antrian bisa di gunakan oleh dua e ktp

Egi Gustiawan

07 Juni 2024 08:09:43

Cara merubah ktp belum kawin menjadi kawin

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

SULAEMAN

Sekretaris Desa

AYI SUHENDAR

KEPALA URUSAN PERENCANAAN

KEPALA URUSAN UMUM DAN TATA USAHA

WAHYUDIN

KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN

KEPALA SEKSI PELAYANAN

LUKMAN USMANI

KEPALA DUSUN SATU

SYARIF

KEPALA DUSUN DUA

ENTIS ASARI

KEPALA DUSUN TIGA

KEPALA DUSUN EMPAT

STAFF UMUM

ASEP CAHYA KARTIWA

STAFF KEUANGAN

WAWAN TARYANA

STAFF PELAYANAN

ARYANTO

KEPALA URUSAN KEUANGAN

KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Wargaluyu

Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Peta Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.206
Kemarin:1.079
Total:359.848
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.71.255.141
Browser:Mozilla 5.0

Sinergi Program

Jam Kerja

Hari Mulai Selesai
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 16:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Media Sosial

Transparansi Anggaran

APBDes 2023 Pelaksanaan

Pendapatan

AnggaranRealisasi
Rp 2.516.453.100,00Rp 2.516.453.100,00

Belanja

AnggaranRealisasi
Rp 2.516.453.100,00Rp 2.516.453.100,00

APBDes 2023 Pendapatan

Lain-lain Pendapatan Asli Desa

AnggaranRealisasi
Rp 7.000.000,00Rp 7.000.000,00

Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 1.028.509.000,00Rp 1.028.509.000,00

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

AnggaranRealisasi
Rp 288.544.500,00Rp 288.544.500,00

Alokasi Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 967.399.600,00Rp 967.399.600,00

Bantuan Keuangan Provinsi

AnggaranRealisasi
Rp 130.000.000,00Rp 130.000.000,00

Bantuan Keuangan Kabupaten/kota

AnggaranRealisasi
Rp 95.000.000,00Rp 95.000.000,00

APBDes 2023 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 1.051.855.770,00Rp 1.051.855.770,00

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 885.975.680,00Rp 885.975.680,00

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 203.943.600,00Rp 203.943.600,00

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

AnggaranRealisasi
Rp 245.878.050,00Rp 245.878.050,00

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

AnggaranRealisasi
Rp 128.800.000,00Rp 128.800.000,00

Lokasi Kantor Desa

Latitude:
Longitude:

Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa