Selamat Datang Di Sistem Informasi Desa Wargaluyu Kecamatan Arjasari | Pelayanan Kantor Desa Hari Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 s.d 15.30 WIB | Datang Ke Kantor Desa Wargaluyu Kecamatan Arjasari, Pastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anda terdaftar di SID.

Artikel

PELATIHAN KELOMPOK TANI DESA WARGALUYU

09 November 2022 11:48:31  admin  37 Kali Dibaca  Berita Desa

Pemerintah Desa Waraluyu bekerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Arjasari,  menyelenggarakan Pelatihan yang bertema Budidaya Padi dan Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Padi. Peserta sebanyak 50orang,  sebagai petani atau pelaku utama/ pelaku usaha dibidang pertanian wilayah Desa Wargaluyu, dengan usia antara 19-39 tahun. Mereka sebagian besar telah menggeluti usaha pertanian baik on farm (budidaya) dan off farm (pengolahan hasil) pada komoditas tanaman pangan,hortikultura, peternakan di wilayah masing-masing.

            Kegiatan pelatihan dilaksanakan di aula pertemuan Balai Penyuluhan Petanian (BPP) Kecamatan Arjasari selama 1 hari yaitu tanggal 09 Nopember 2022 Berkenan hadir dalam acara tersebut Camat Arjasari Heru Kiatno  yang memberikan motivasi dan dorongan agar petani muda bersemangat untuk memajukan dunia pertanian dan memanfaatkan peluang yang ada di wilayah masin-masing demi teciptanya ketahanan pangan.

            Pelatihan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali dan menguatakan serta memberikan motivasi kepada pelaku usaha pertanian muda untuk terus berinovasi dan berdaya menggeluti usaha pertanian yang selama ini sektor pertanian dipandang sebelah mata terutama oleh anak muda karena kesan kotor, panas dan tidak menjanjikan.        

Selama kegiatan pelatihan peserta diberikan materi klasikal dan praktek mulai dari kelembagaan, dinamika kelompok, kewirausahaan, teknis budidaya, analisa usaha dan praktek pengolahan hasil yang mengkait erat dengan proses usaha pertanian.

            Akhir dari pelatihan singkat ini diharapkan peserta mampu berinovasi dan berkreasi lebih baik lagi dengan usaha pertaniannya selama ini yang sudah digeluti,yaitu dengan menyusun Rencana Tindak Lanjut ( RTL ) .Harapannya nantinya akan muncul petani muda yang tangguh dan berdaya saing seiring dengan perkembangan IT di bidang pertanian.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Laynan Ambulance

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:17
    Kemarin:334
    Total Pengunjung:70.336
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:103.17.183.5
    Browser:Tidak ditemukan